Cireng Isi Kornet

Kangen bandung, kangen semua keluarga, terus tiba tiba jadi pengen cireng isi. Iya cireng kan khasnya bandung, kalau palembang dan bangka kan terkenalnya sama otak2 dan pempek. Sebenernya hanya ada sedikit perbedaan dengan cireng, yaitu cara pengolahannya. Sebenernya kalau bahan intinya sech sama, tepung kanji/ tepung tapioka/ kalau dibandung tepung aci. Tepung tapioka imi ada 2 jenis loh, tepung tapioka yang terbuat dari olahanan singkong dan satu lagi dari olahan sagu kawung, kalau dibandung disebutnya aci sampeu sama aci kawung. Keduanya sangat berbeda. Dan yang dipakai untuk membuat cireng ini adalah tepung tapioka dari olahan singkong(aci sampeu). Berhubung malas pakai timbangan, jadi takarannya pakai sendok. Ouh iya, resep ini dari almarhum nene, sebenernya sech sama aja kaya resep yang dipasaran, tapi dulu itu kita kan panen singkong banyak, nah biasanya nene sama mama suka rajin ngolah jadi makanan, jadi comro sekalian buat dijual. Nah bikin comro itu kan singkongnya harus diparut dan diperas, nah air perasannya ini ngga pernah dibuang, suka diendapkan seharian terus ntar airnya dibuang, dijemur, jadi dech tepung aci/tapioka yang suka iseng dibikin jadi cireng. Ouh iya, karena ga ada timbangan jadi takarannya pakai sendok.
Bahan:
Biang:
7 sendok tepung tapioka
3 sendok tepung terigu
1 tangkai Daun bawang
1 tangkai Seledri
+- 100ml Air panas
1 sendok minyak kelapa
Garam
Merica
Penyedap Rasa

Bahan kering:
2 sendok tapioka
2 sendok terigu
1 sendok tepung beras (biar cireng kering, tidak pakai tidak apa2)

Bahan isi:
1 kaleng kornet isi 120 gram
2 siung bawang merah
1/4 siung bawang bombay
1/2 tomat
2 sendok Minyak untuk menumis
Garam
Merica
Penyedap rasa
10 buah rawit dihaluskan (kalau mau pedas, kalau ngga suka pedas ngga dipakai)

Cara Membuat bahan isi :
1. Tumis bawang merah, bawang bombay, tomat, rawit yang dihaluskan.
2. Setelah bumbu harum masukan kornet
3. Aduk sampai merata masukan garam, pemyedap rasa, gula, dan merica secukupnya iya. Tes rasa kalau sudah pas matikan api. Sisihkan.


Mari kita buat adonan cirengnya.
1. Campur tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang, seledri, garam, penyedap rasa, dan minyak kelapa. Kemudian diaduk aduk menggunakan Adukan untuk nasi.
2. Masukan air sedikit demi sedikit, setelah kental dan tercampur rata kemudian masukan bahan keringnya. Uleni menggunakan adukan nasi tadi iya. Ga usah pakai tangan juga bisa kental kok. Sampe adonan bisa dibentuk pakai tangan iya.

3. Cetak memggunakan tangan atau cetakan kemudian diisi dengan bahan isian tadi.
4. Goreng menggunakan api kecil, supaya matang merata.
5. Angkat ketika sudah matang dan sajikan.

Berhubung cetaknya ga pakai cetakan, jadi bentuknya suka suka. Hehe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Produk Wardah Acne Series

Liwet Sapi For My baby

Acer Switch Alpha 12 : Si Notebook Tablet yang Menunjang Kreatifitas Tanpa Batas