Pantai Tongachi beach

Yeah sabtu dan minggu lagi. Saatnya agenda mingguan -jalan jalan-. Agenda rutin. "Kemana kita??"Itu pertanyaan di pagi hari sambil sarapan. Kemudian berdiskusi dan sampailah pada tempat tujuan pantai tongachi. Buat orang bangka asli sini sech tempat itu merupakan tempat biasa saja. Tapi untuk saya yang perantauan, tempat baru merupakan tempat yang luar biasa. Karena ada hal baru yang bisa ditemui.
Pantai Tongachi terletak didaerah sungai liat. Lumayan memakan waktu 1 jam untuk sampai sini dari rumahku di pangkalpinang. Tapi karena kesasar hampir 2 jam kita dijalan. Hahaha
Ngga usah khawatir macet kaya dibandung. Di bangka jalanan sepi. Semua jalan rasanya seperti jalan tol.
Sebelumnya sech kita mampir dulu ke pantai tanjung pesona dan pantai rambak buat makan ikan bakar. Di pantai rambak ombaknya besar, jadi tidak bisa mandi.
Kita ngga lama lama di tongaci soalnya hari sudah sore, gara gara kelamaan di pantai rambak.
Di tongaci ada penangkaran penyu. Cocoklah buat bawa anak kecil macam tisya anakku tuch .. Ouh iya, masuk kesini gratis. Suasana ramai karena kebetulan lagi ada acara Bangka Culture Wave, sebenarnya acaranya itu tanggal 8 hingga 12 september 2016, tappi kita datang di tanggal 9 september. Pas kesitu kan hampir sore tuch, jadi pas datang langsung lihat penyu dipenangkaran setelah itu foto foto didaerah situ.



Karena tema BCW 2016 itu adalah garuda dan penyu, jadi disitu ada penyu dan patung garuda. So, tidak hanya di bali yang ada patung garuda, tapi di bangka juga ada. Kalau datang kesini berasa datang ke wisnu kencana, tapi kan yang di wisnu kencana patung garuda gede banget tuch .. Kalau disini ngga sech. Kecil gitu terus ada payung payung gitu yang digantung di pohon dan digantung di tali. Payungnya payung cina gitu. Suasana kaya berasa di PVJ bandung yang dikasih hiasan. Hehehe

btw tanggal 8 september 2016 itu merupakan acara peresmian museum garuda dan perpustakaan, jadi di depan pantai tongaci itu ada museum garuda, perpustakaan, patung garuda, ada cafe, ada kakiku (tempat pijat dan refleksi keluarga), ada penangkaran penyu, aksesorisnya ada locomotif dan patung garuda dalam kaca. Ouh iya didalam museum itu ada barang barang kuno gitu. Ada mobil kuno, uang kuno, banyaknya koleksi guci dan ada helm tentara juga. Sayangnya ga boleh foto isi museum.



Kalau ngga salah baca sech penangkaran penyu ini dibuka cuman pas hari sabtu, minggu dan hari libur nasional aja. Ouh iya, ada hiasan payung itu karena kemarin tema yang disuguhkan penyu dan garuda : Melaras Samudra Langit dan Gelombang Bumi. Dan tema tiap tahunnya itu beda beda.
Itulah tongaci beach di bangka, kemudian setelah puas foto foto akhirnya kita pulang. Sebenarnya kurang puas karena bentar terus kan si aku memang sangat suka museum, perpustakaan, dan budaya, kadang kalau udah kemuseum atau perpustakaan harus seharian tanpa gangguan baru puas tapi suami ngajak buru buru pulang, dan si bocah sudah mau pulang juga. mungkin lain kali bisa ngeliput lagi.


Komentar

  1. Halo Mbak Shanti :) Kayaknya bagus pantainya. Ada fotonya kah? *kepo* haha.

    BalasHapus
  2. Ada fotonya tapi blm sempet masukin ke blog kmrn dikejar deadline, trus smbil nulis smbil diganggu bocahku .. Ntar aku posting fotonya ... Tungguin aja. Heu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Produk Wardah Acne Series

Liwet Sapi For My baby

Acer Switch Alpha 12 : Si Notebook Tablet yang Menunjang Kreatifitas Tanpa Batas