Mainan untuk Anak Balita

Hmmm .. Sebagai ibu rumah tangga yang tugasnya membimbing dan mengasuh anak sendirian ketika suami pergi bekerja, tentu suka bingung kegiatan apa yang akan diberikan untuk anak balita yang berusia 2 tahunan. Konon masa ini merupakan masa emas, yang dimana di fase masa inilah kebiasaan akan terbentuk. Berikut ulasan dari saya tentang permainan dan mainan tisya :

1. Berenang di Kolam karet
Ini sech jenis permainan outdoor yang biasa kita mainkan saat cuaca cerah. Biasanya tisya berenang di kolam karet sambil mainkan bola dan mandiin boneka barbienya yang suka dia copot copotin kepala, kaki dan tangannya hingga ujungnya timbul pertanyaan
"kalau kepala tisya bisa dicopot ngga kaya barbie?" sambil mengarahkan tangan kekepalanya hendak mencopot kepala,
"ngga"
"kalau kepala mamah bisa dicopot??"
"ngga."
"terus kenapa kalau kepala barbie bisa dicopot?"
"itukan mainan."
Saya baru ingat kalau balita seusia tisya itu apapun dianggap hidup dan sama seperti dia.


2. Membaca buku
Siapa bilang anak tidak akan menyukai buku. Buktinya tisya suka, karena buku yang dikasih memang buku yang sesuai dengan umurnya dan tentunya buku yang menyenangkan. Simak reviewnya disini

3. Bermain pasir
Kalau main pasir ini sech dipantai, biasanya main pasir ini kalau cuaca cerah dan memang sedang ingin kepantai. Bersyukur hidup didekat pantai.

4. Bermain masak masakan
Iya tisya kan anak perempuan iya... Jadi pastilah suka main mainan ini. Kadang saya yang menemani suka dijadikan teman yang ditanya "mama mau makan apa?" terus dia masakin dech. 

5. Bermain dokter dokteran
Ini merupakan mainan favorit tisya. Entah kenapa dia senang sekali main permainan ini, bahkan ketika dia memainkan tabletnya pasti dia memainkan permainan dokter dokteran -padahal saya sudah download permainan edukatif lainnya- dan film yang dia sukai adalah film upin ipin yang sakit gigi. Hingga suatu hari terjadi sebuah tragedi ketika bocah ini bermain dengan papanya. Gigi papahnya mau dicabut, sontak papanya teriak karena sakit. Terus pas ditanya dengan muka polos dan lempeng dia jawab
"ouh itu gigi papa mau dicabut, kaya di upin ipin"
Biasanya tisya tidak melulu menggunakan mainan stetoskopnya untuk dijadikan alat periksa kadang dia menggunakan casan saya untuk dijadikan stetoskop, menggunakan senter, menggunakan pulpen papanya yang ada lasernya untuk persentasi. Akh, apapun lah alhamdulillah kreatif. Dan saya dan papanya suka dijadikan pasiennya dia ditambah boneka bear, hello kitty, boneka kucing.

6. Bermain laser
Laser ini tidak sengaja beli, melainkan mengambil pulpen papanya yang endingnya dikasiin ke tisya buat mainan. Biasanya laser ini dipergunakan untuk memeriksa gigi oleh tisya yang terkadang dijadikan permainan jejak, terus permainan memantulkan sinar kecermin jadi saya ambil cermin kemudian laser diarahkan kecermin yang akan memantul keatas, biar seru biarkan anak yang melakukan kemudian perintahkan untuk menggeser kekanan dan kekiri sehingga laser bergerak gerak diatas.

7. Menyusun domino dari buku
Ini merupakan permainan yang membutuhkan kesabaran karena terkadang belum tersusun semua tisya sudah menyentuhnya dan harus nyusun lagi.


8. Bermain jejak
Permainan ini idenya dari tisya sendiri yang tiba tiba menaruh buku memanjang. Kemudian dia berjalan diatasnya dan bilang "tisya naik jembatan mah" jadi keidean dech mengarahkan sinar laser ke buku untuk tisya ikuti dan saya susun bukunya berbelok belok supaya lebih menyenangkan.

9. Bermain masukan bola kekeranjang
Memakai media kaleng bekas susu tisya yang saya tempelkan kertas lipat warna warni, kemudian saya suruh tisya memasukan bola sesuai dengan warna yang ada dikaleng.

10. Bernyanyi
Biasanya nyanyi huruf hijaiyah, abjad, shalawat nabi, anak gembala, dan nyanyian anak lainnya.

11. Bermain cat air
Ini mainan paling favorit dan menyebalkan untuk mamanya karena endingnya jadi mengecat tembok. Tapi saya biarkan saja toh kamarnya ini yang dicat dan berantakan. Soalnya sudah saya wanti wanti sebelumnya, corat coret tembok boleh asal dikamarnya. Alhamdulillah nurut.

12. Bermain bongkar pasang
Biasanya dia hanya membuat pesawat, katanya untuk kerumah nenek. Kadang juga bongkar mainan masak masakannya yang dia susun lagi sendiri, bongkar boneka barbie, bongkar karpet yang sekarang ngga dipasang lagi karena pusing dan yang paling lucu mau membongkar dispenser dan kulkas menggunakan obeng. Hahahah entahlah tuch bocah kenapa suka bongkar bongkar.

13. Bermain balok dan main mainan kayu
Ini ketiga jenis mainan kayu yang tisya punya. Ada untuk memasukan balok sesuai bentuknya kelubang, pukul pukul palu, dan mencari jalan.

14. Main kuda kudaan
Sengaja belikan ini biar ngga ke gamezone terus, tapi ngga ngefek. Tiap weekend pasti ngajak ke gamezone.

Itulah beberapa permainan yang biasa dimainkan oleh balita tisya. Semoga menginspirasi! Foto menyusul, belum sempat foto soalnya tapi mau setor ke #1minggu1cerita

Komentar

  1. Mungkin Tisya ingin jadi dokter nantinya Mbak.

    Faraz jg suka main masukkan bola ke keranjang basketnya. Suka main kuda2an jg, bahkan kadang Bapaknya yg dijadikan kuda :D

    Lucu dan seru ya Mbak ketika anak bermain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lucu mba diah, kadang suka ada hal hal aneh yang bikin kita ngakak iya mba ... Masa ini hanya hari ini iya mba, ntar bkalan ngga kerasa anak kita dh besar .. Heheh

      Hapus
    2. kalau anakku yang kecil masih suka ngikut kakaknya, kakaknya main mobil dia juga, kakaknya main robot dia ganti juga hehehe

      Hapus
  2. Bener banget mbaaa, kadang suka bingung deh anak kecil dirumah mau diajak mainan apa.
    Kurleb sama sih kayak yg ditulis diatas, tapi biasanya si anak aku kasih waktu sendiri juga, jadi aku hanya pantau saat dia main pretend playnya.

    BalasHapus
  3. wah tipsnya oke banget mba..

    www.travellingaddict.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Produk Wardah Acne Series

Liwet Sapi For My baby

Lepet Sayur