Liburan Murah Meriah

Liburan tidak harus mahal dan mengunjungi tempat wisata, bagiku dan anakku naik angkot saja sudah merupakan liburan seru dan hal paling lucu lagi naik ojeg pun jadi hal menyenangkan dan liburan -padahal tiap hari dibonceng emaknya kepasar naik motor efek nonton film dan ngga ada ojek disini.- Setiap hari sabtu minggu merupakan hari keluarga dan kita suka menjuluki kedua hari itu sebagai 'family time' di kedua hari ini sudah kita sepakati bersama merupakan acara jalan jalan keluarga untuk mendapatkan quality time. Lalu kemanakah kami jalan jalan? Ini rekomendasi dari saya liburan asyik bareng keluarga. Biar tiap minggu keluar. Kunjungan tempat wisata atau explore daerah luar? Cukup ketika liburan besar saja.

1. Pantai
Enak kalau dekat pantai, lah kalau jauh dari pantai tetap harus keluar budget besar. Apalagi kalau pantainya ada di lombok atau di bali, harus naik pesawat, sewa hotel, sewa kendaraan. Hmmm .... jangan khawatir untuk yang jauh dari pantai karena permainan seru dipantai ini bisa dilakukan di Rumah. Inti dari main dipantai basah basahan kan?? Ajak saja anak bersihkan rumah dan cuci mainan sepedanya atau mandiin boneka. Pasti asyik. Bisa sampai setengah hari nech aktifitas begini.

2. Ngga afdol kalau liburan tidak keluar rumah, tapi kan judulnya juga budget minim jadi kemana iya? Ke saraga/sabuga/gedung sate untuk melaksanakan olahraga lari atau bersepeda. Budgetnya minim sekali tuch... cuman untuk jajan bubur atau lontong sayur atau bala bala. Dan saya yakin disetiap daerah pasti ada tempat yang bisa dijadikan tempat olahraga. Seperti halnya dibangka karena ngga ada saraga yang kaya dibandung itu, alun alunlah dijadikan untuk saraga. Tapi ramenya hanya hari minggu saja. Kalau hari biasa hanya sore hari dengan aneka permainan anak.

3. Berenang
Berenang di kolam renang tidak harus mahal. Renang saja dikolam terdekat dengan rumah, kalau didaerah ujungberung dekat rumah nene tisya tuch ada panorama. Tiket masuknya lumayan murah. Kalau dulu sebelum ada itu, waktu aku kecil suka ke wika atau bara atau karang setra. Kalau di bangka sech ada kolam renang timah. Intinya berenang kan?? Ngga usah ke tempat yang ada wahana permainan airnya. Cukup sebulan sekali kesana atau kalau libur besar.

4. Perpustakaan
Ini tempat yang sering dilupakan. Bagi saya sech seru pergi keperpustakaan itu soalnya bisa tahu lebih banyak ilmu dari buku. Disetiap daerah dan kota ada tuch perpustakaan daerah, ngga ada salahnya main main kesana.

5. Taman kota
Saya yakin ditiap daerah pasti ada taman kota atau alun alun. Bisa juga jadi alternatif liburan. Kalau dibangka taman kota dekat dengan alun alun dan bank indonesia yang dihalamannya ada rusa.

6. Mall
Tidak selalu harus beli ketika menjajaki tempat ini, sekedar hunting juga seru cuman iya kalau ngemall saya suka ngga tahan untuk tidak beli baju atau sepatu atau sandal padahal ngga butuh butuh banget. Hehehe jadi paling dihindari daripada dirumah nyesel dan bilang kenapa beli ini iya??

7. Jalan jalan keliling kota
Tidak ada salahnya jalan jalan keliling kota mempergunakan sepeda atau motor, ngga usah pakai mobil karena ngga akan seru. Yang paling seru iya pakai sepeda, selain olahraga juga bisa memperkenalkan tempat dan sejarah. Kalau di Bandung untuk keliling kota saya sarankan starnya dari 0 KM bandung di jalan asia afrika depan dinas bina marga terus bersepeda ke jl. Banceuy, main mainlah disekitaran banceuy karena disana ada situs sejarah tempat soekarno dipenjara dulu dari situ bisa meneruskan masuk ke jalan braga buat foto foto atau kalau mau lanjut ke taman pemkot.
Kalau di Bangka jalan jalan keliling kotanya iya sekitaran alun alun saja sambil makan pempek atau mie koba.

8. Museum
Tempat murah meriah kaya ilmu dan manfaat. Museum yang asyik tuch geologi, terus museum teknologi yang di padalarang itu, museum timah.

9. Masjid
Saya dan anak saya memang suka sengaja pergi jalan 1 atau 2 jam sebelum adzan ashar berkumandang untuk sengaja mengunjungi masjid. Tapi masjidnya yang agak jauh dari Rumah dan memiliki nilai sejarah. Kalau di Bangka masjid jamik kalau di bandung masjid pusda'i atau masjid salman. Setelahnya bisa sambil hunting makanan atau kadang sebelumnya tergantung mood dan pelarian dari malas masak.

10. Tempat Senam
Berhubung tidak ada pengganti yang jaga dikala suami bekerja untuk tisya, jadi si bocah suka dibawa kemana kemana termasuk tempat senam. Jangan lupa persiapkan bocah juga untuk pakai baju dan sepatu olahraga dan penutup telinga soalnya kalau senam aerobik indoor suara musiknya parah. Pengennya sech yoga, tapi di bangka belum nemu tempat yoga terdekat. Ada sech .. Tapi jauh banget, bahaya. Bahaya kesasar ditengah hutan atau dikuburan cina kaya waktu itu. Hehehe
Kalau bandung sech banyak iya ... Bisa search di google.

11. Pameran
Pameran bisa jadi alternatif liburan seru. Selain menambah wawasan juga bisa mengajarkan pada anak tentang cara membuat sesuatu. Cek aja eventnya, biasanya di ITB suka banyak. 

12. Gerak Jalan
Bisa jadi liburan seru, jangan lupa bawa stroler biar ngga gendong anak. Biasanya acara gerak jalan dipersembahkan sama berbagai instansi pas HUT. Sekedar hiburan disaat libur dan ajak bocah keluar rumah yang syukur syukur dapat doorprize. Hahaha tapi beneran dapet loh .. Lumayan lagi doorprize nya ... Nambah aset.

13. Acara anak anak dan parenting
Ini bisa jadi alternatif. Biasanya diacara acara begini ada pengetahuan parenting dan kekompakan bermain dengan anak dalam aneka percobaan dan perlombaan.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Produk Wardah Acne Series

Liwet Sapi For My baby

Lepet Sayur